Senin, 06 Februari 2012

Kenapa gajah tidak terbang


Ada seorang lelaki, sebut aja Si Otong.
Akhir-akhir ini dia cemberut melulu. Di matanya semuanya salah, ga ada yang benar.
Maklum, dia baru saja dipecat dari pekerjaannya karena perusahannya gulung tikar akibat kalah bersaing sama produk impor luar negeri.

Kesehariannya diisi dengan keluar masuk perusahan dengan map di tangan kanannya, berjuang untuk mendapatkan pekerjaan.
Tapi apa daya, bukannya dipersilakan masuk, malah dikira PPS (para pencari sumbangan)..

Pulang dari berkeliling kota, dia melihat sekumpulan burung yang terbang dengan bebas dan ceria.
Diapun mengguman,’ sungguh Tuhan tidak adil, kenapa burung yang sekecil dan makanannya sedikit itu bisa terbang. Bebas kesana kemari. Kok gajah yang lebih besar dan makanannya lebih banyak tidak bisa terbang.”

“Tuhan benar-benar tidak adil”, katanya lagi.

Belum lama dia melangkah, dia dikagetkan dengan sesuatu yang tiba-tiba jatuh tepat dimukanya.
“Sial, apa ini?”

Dicarinya sesuatu yang jatuh dimukanya itu dan dia sentuh dengan tangganya,
Secara reflek langsung dia arahkan ke hidungnya.

“Ah sialan, burung tak tahu aturan, buang kotoran sembarangan. Masak buang kotoran di muka orang”.
Setelah berjalan beberapa langkah, dia akhirnya sadar dan menyesali anggapannya tentang burung dan gajah selama ini bahwa Tuhan tidak adil.
..............................
Sungguh Tuhan Maha Adil....
Burung yang kecil saja klo buang kotoran sembarangan dan kena muka kita, kita langsung marah.
Bagaimana kalo gajah bisa terbang dan buang kotoran sembarangan….???


dari cerita seorang dosen 

Selasa, 31 Januari 2012

tantri


Beberapa minggu belakangan nie untuk mengantarkan tidur buah hati sy selalu sempatkan membacakan sebuah buku cerita yang berjudul “TANTRI Perempuan yang bercerita”  karya Cok Sawitri sy tidak akan meceeritakan kembali petuah petuah yang disampaikan Ni Diah Tantri (tokoh utama dalam buku ini) kepada sang Raja Eswaryadala, akan tetapi saya lebih memilih menyoroti keputusan yang diambil tokoh-tokoh dalam cerita ini
Yang pertama sebagai pokok permasalahan dalam buku ini bahwa sang Raja Eswaryadalatelah menaaruh hati kepada Ni Diah Tantri yang tidak lain adalah putri maha patihnya, akan tetapi sungguh sayang rasa ke akuannya sebagai seorang raja menyebabkan sang Raja Eswaryadala melakukan sebuah tindakan yang tidak mecerminkan dirinya adalah seorang raja/penguasa
Yang kedua sebuah keputusan berani diambil Ni Diah Tantri untuk dipersembahkan sebagai permaisuri sang Raja Eswaryadala walaupun sampai saat itu sang Raja Eswaryadala belum berani mengungkapkan perasaannya kepada Ni Diah Tantri
Yang ketiga pengabdian maha patih Bandeswarya terhadap negaranya, walau beliau tahu kelakuan sang Raja Eswaryadala dan Ni Diah Tantri adalah anak satu-satunya sang maha patih menyetujui keinginan Ni Diah Tantri demi melindungi kerajaannya dari kehancuran akibat perbuatan rajanya
Yanng keempat sebenarnya bilamana sang Raja Eswaryadala menunjukan keengganannya menerima persembahan maha patih Bandeswarya berupa putrinya tentu kesetiaan dan keberaniaan Ayah dan Anak  tsb tak akan ada artinya, sungguh mungkin sang Raja Eswaryadala tidak akan pernah mengira ratusan malam yang telah dilewatinya bersama terapi keji yang hanya menambah galau hatinya dan meresahkan rakyatnya sebenarnya dapat diobati tiga hari tiga malam kebersamaannya dengan Ni Diah Tantri
Emmm,,,,
Kenapa nie menjadi sangat menarik buat saya???
Saya melihan bbrp hal pentinng di ungkap selain petuah-petuah yang sangat mengagumkan
Sebuah keputusan itu sebuah kata yang sangat menarik buat saya, mungkin anda telah dapat menebak apa yang saya pikirkan,,,ya sebuah keputusan yang mungkin kita angap seppele/biasa tternyata memberi kontribusi terhadap tidak hanya hidup kitah menjadi seorang ayah sebagai seorang personal akan tetapi memiliki pengaruh yg cukup kuat dalam peran kita dalam masyarakat baik tu keluarga,kelompok maupun negara, hahaa,,,bicara negara,,,sepertinya terlalu besar ya,,,tapi jangan kebanyakan mencibir kkawan,,,negara terbentuk diawali pemikiran seorang individu sebut saja Bung Karno pada masanya da juga buah pemikiran yang berpengaruh kepada negaranya misalkan nie Soeharto , Habibi, Gus dur, Megawati sampe SBY semua memberi pengaruh tersendiri thdp negaranya hupz,,,kok malah ngelantur ngomongin presiden,,,saya kasih satu contoh extrem pengaruh pemikiran individu thdp negaranya kasus Bom Bali I,
Kembali lagi kepersoalan awal,,, rasa ego sebagai seorang  raja membuat sang Raja Eswaryadala gelap mata, menjadikan rasa hormat thdp Maha Patih sebagai topeng ketidak beranianya meminang Ni Diah Tantri sbg permasiuri dan melakukan perbuatan tercela sebagai sebuah bentuk rasa keakuaan yg tidak pada tempatnya telah membuat kondisi daam negaranya tidak tentram, ambang kehancuran, pelanggaran thd adat istiadat, tentu tidak disadari oleh sang Raja Eswaryadala karena dia terlalu sibuk dengan rasa takutnya walau tanpa dia sadari oleh rasa takutnya itulah tim bul sebuah keputusan yang sangat merugikannya,,,syukur sang Raja Eswaryadala mau menerima Ni Diah Tantri
Sanngat jauh berbeda dengan apa yang dilakukan Ni diah Tantri dia melakukan sebuah tindakan yg tepat walau disadari tidklah mudah merubah/mengobati rajanya tapi dia tahu sakit yang diderita sang Raja Eswaryadala tidaklah hanya dapat diobati dgn ramuan2dan kesenangn, sungguh ,,, hal yang sangat mearik bagi saya seorang Ni Diah Tantri mampu melakukan hal besar yang tidak dipikirkan kebanyaan orang/setidaknya punggawa istana,,,dia tahu apa yang harus dia lakukan dan tahu apa yang harus siapkan,,,yang pada akhir ceritanya mampulah Ni Diah Tantri mmpu membuat sang Raja Eswaryadala memahami tugas dan fungsi seorang raja
Emm,,,
Sebenarnya apa sich yang dp kita petik dari cerita nie
Tanpa saya menulis pun anda mungkin sudah paham yang sy maksud
Kerajaan terlalu muluk rasanya ditelinga
Keluarga,,, satu hal ini spt na nyambung,,,jika ada sebagai seorang ibu sebenarnya sudahkah anda lakukan kewajiban sebagai seorang ibu atau masih terbelenggu dengan keinginan pertanyaan yang sama mungkin harus saya sampaikan kepada anda yg akan menjadi atau sudah menjadi seorang ayah,,,
Seorang teman sering membisiki saya kata “Tuhan saat ini mungkin sedang mengetuk pintu hati anda, namun sayang kadang kita tidak menyadarinya,,,kadang kita hanya menoleh kemudian berlaku”

9 Hal Ini Sebaiknya Jangan Anda Ucapkan Pada Anak

Rafenska Vania - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Menjadi orang tua bukanlah hal yang mudah untuk dijalankan. Terkadang, permasalahan di kantor, konflik dengan suami, atau permasalahan keluarga malah membuat Anda kesal ketika berhadapan dengan sikap anak yang kurang menyenangkan.

Apalagi jika si kecil meminta macam-macam kepada Anda, sehingga tidak menutup kemungkinan Anda mengucapkan kata-kata yang seharusnya tidak boleh diucapkan ke buah hati tercinta. Tentu saja, hal tersebut akan meninggalkan luka tersendiri bagi anak Anda.

Berikut bagian pertama dari sembilan hal yang sebaiknya jangan diucapkan orangtua kepada buah hatinya seperti dilansir Parenting :

1. "Pergi! Mama ingin sendiri dulu"
Ketika Anda mengatakan kalimat ini kepada si kecil, Suzette Haden Elgin, Ph.D., pendiri Ozark Center for Language Studies mengatakan bahwa anak akan menginternalisasi kalimat tersebut dan berpikir tidak ada gunanya untuk berusaha berbicara kepada Anda karena mereka selalu diusir. Selain itu, jika Anda terbiasa mengatakan hal ini kepada anak, ketika dewasa ia akan terbiasa pula mengatakan hal yang sama kepada orang lain.

Ketimbang mengucapkan kalimat di atas, ketika Anda memang sibuk coba katakan pada anak, "ada yang ibu harus kerjakan dan selesaikan, jadi ibu ingin kamu menggambar dulu sendiri ya beberapa menit. Kalau ibu sudah selesai, ibu akan menyusul". Anda juga harus realistis, anak-anak yang berusia balita dan pre school tidak bisa membuat diri mereka sendiri tenang selama beberapa jam.

2. "Kamu itu..."
Memberikan label adalah jalan pintas untuk mengubah anak-anak. Jika Anda mengatakan "kamu itu memang pemalas," maka ia akan ikut melabeli dirinya secara tidak langsung dan menganggap dirinya memang pemalas dan tidak ada yang dapat diubah. Jika kita memberikan label yang buruk kepada anak seperti bodoh, nakal, dan sebagainya, maka hal tersebut akan terus melekat dan bisa saja menjadi identitas dirinya yang ia internalisasi hingga dewasa.

Sebaliknya, jika Anda mengatakan "kamu anak yang pintar," ia akan mengira Anda memiliki ekspektasi yang besar untuknya dan hal tersebut tentu saja dapat menjadi suatu beban tersendiri baginya. Jika Anda ingin untuk mengubah tingkah laku si kecil, lebih baik katakan secara jelas dan spesifik apa yang sebaiknya ia lakukan dan apa yang sebaiknya tidak ia lakukan tanpa memberi label untuknya.

3. "Jangan menangis"
"Jangan sedih!," atau "jangan seperti anak kecil" merupakan variasi lain dari kalimat di atas. Jika Anda perhatikan, anak-anak belum bisa menyalurkan emosinya melalui kata-kata. Mereka tertawa ketika mereka senang, dan sudah pasti mereka menangis jika mereka sedih. Hal tersebut merupakan hal yang lumrah.

"Sebenarnya, wajar bila orang tua tidak ingin anaknya merasa sedih atau menangis. Tetapi, dengan mengatakan "jangan" dan "tidak" kepada anak tidak akan membuat anak tersebut merasa lebih baik. Bahkan, hal tersebut akan menimbulkan kesan bahwa emosi mereka tidak benar dan tidak baik untuk merasa sedih atau takut," kata Debbie Glasser, Ph.D., direktur dari Family Support Services di Nova Southeastern University, Florida, Amerika Serikat.

Daripada Anda memintanya jangan menangis, cobalah pahami emosi atau kesedihannya. "Ibu tahu kamu takut sekolah tidak ditemani ibu. Tapi di sana ada ibu guru yang bisa jadi pengganti ibu sebentar dan ada teman-teman kamu. Kalau kamu masih takut, ibu selalu ada di luar dan kamu bisa bertemu aku kapanpun kamu mau. Ibu janji nggak akan ninggalin kamu sendirian".

Dengan memahami kesedihannya, Anda bisa memberinya contoh bagaimana mengekspreksikan perasaannya. Anda juga menunjukkan padanya bagaimana bersikap empati. Di kemudian hari, anak pun jadi tidak lagi terlalu sering menangis dan bisa mengekspreksikan kesedihannya.

4. "Kenapa kamu tidak seperti dia?"
Wajar bagi orang tua untuk membanding-bandingkan si kakak dengan si adik, atau membandingkan anak dengan temannya yang lain. Tapi, membanding-bandingkan anak Anda bukanlah cara yang efektif untuk mengubah perilakunya. Anak memiliki fase tersendiri untuk belajar, memiliki temperamennya masing-masing, juga kepribadiannya yang pasti berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Membandingkan anak Anda akan menyiratkan bahwa Anda ingin ia tidak menjadi dirinya sendiri dan hal tersebut justru malah akan menyakiti hatinya. Selain itu, membanding-bandingkan anak juga dapat merusak kepercayaan dirinya. Lebih baik, berikan apresiasi dan pujian atas tingkah lakunya yang Anda sukai agar dapat mendorongnya untuk melakukan hal tersebut kembali.

Selain empat kalimat di atas, masih ada lima ucapan lainnya yang akan di bahas di 9 Hal Ini Sebaiknya Jangan Anda Ucapkan Pada Anak (Bag. 2). Tunggu artikelnya di wolipop.

http://www.wolipop.com/read/2012/01/31/184002/1830777/857/9-hal-ini-sebaiknya-jangan-anda-ucapkan-pada-anak--bag-1-?w992201835

Diet - penyakit ginjal kronis

Diet - penyakit ginjal kronis

Bila Anda memiliki penyakit ginjal kronis, Anda perlu membuat perubahan dalam diet Anda, termasuk:

Membatasi cairan
Makan diet rendah protein (ini mungkin direkomendasikan)
Membatasi garam, kalium, fosfor, dan elektrolit
Mendapatkan cukup kalori jika Anda kehilangan berat badan

Diet anda disarankan dapat berubah dari waktu ke waktu jika penyakit ginjal memburuk, atau jika Anda membutuhkan dialisis.
Fungsi

Tujuan dari diet ini adalah untuk menjaga keseimbangan elektrolit, mineral, dan cairan pada pasien yang memiliki penyakit ginjal kronis atau yang berada di dialisis. Pasien yang berada di dialisis membutuhkan diet khusus untuk membatasi penumpukan produk limbah dalam tubuh mereka. Produk-produk sampah juga dapat membangun di antara perawatan dialisis.

Sebagian besar pasien dialisis buang air kecil sangat sedikit atau tidak sama sekali. Membatasi cairan antara pengobatan sangat penting. Tanpa buang air kecil, cairan akan membangun dalam tubuh dan menyebabkan kelebihan cairan di jantung, paru-paru, dan pergelangan kaki.
Rekomendasi

Mintalah rujukan ke ahli diet terdaftar untuk informasi tentang penyakit ginjal pola makan. Beberapa ahli gizi mengkhususkan diri dalam diet ginjal. Ahli diet Anda dapat membantu Anda membuat diet sesuai dengan kebutuhan anda.

Yayasan Ginjal memiliki bab-bab di kebanyakan negara. Ini adalah sumber yang bagus untuk program-program dan bahan-bahan pendidikan untuk membantu orang dengan penyakit ginjal dan keluarga mereka.

Asupan kalori harian Anda harus cukup tinggi untuk menjaga Anda tetap sehat dan mencegah kerusakan jaringan tubuh. Tanyakan kepada dokter dan ahli apa berat badan ideal Anda harus, dan menimbang diri Anda setiap pagi.

KARBOHIDRAT

Jika Anda kelebihan berat badan atau memiliki diabetes, Anda mungkin perlu untuk membatasi jumlah karbohidrat yang Anda makan. Bicarakan dengan dokter, perawat, atau ahli gizi.

Jika tidak, karbohidrat merupakan sumber energi yang baik untuk tubuh Anda. Jika penyedia layanan kesehatan Anda telah merekomendasikan diet rendah protein, Anda dapat menggantikan kalori dari protein dengan:

Buah-buahan, roti, biji-bijian, dan sayuran. Makanan ini menyediakan energi, serta serat, mineral, dan vitamin.
Permen keras, gula, madu, dan jelly. Jika perlu, Anda bahkan bisa makan makanan penutup tinggi kalori seperti kue pie, kue, atau cookie, selama Anda membatasi makanan pencuci mulut dibuat dengan susu, coklat, kacang, atau pisang.

LEMAK

Lemak dapat menjadi sumber yang baik dari kalori. Pastikan untuk menggunakan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda (minyak zaitun, minyak canola, minyak safflower) untuk membantu melindungi arteri Anda. Bicaralah dengan dokter, perawat, atau ahli gizi tentang lemak dan kolesterol yang dapat meningkatkan risiko untuk masalah jantung.

PROTEIN

Rendah protein diet dapat membantu sebelum Anda mulai dialisis. Dokter atau ahli gizi mungkin merekomendasikan diet moderat protein (1 gram protein per kilogram berat badan per hari).

Setelah Anda mulai dialisis, Anda akan perlu makan lebih banyak protein. Bahkan, diet tinggi protein dengan ikan, unggas, daging babi, atau telur pada setiap kali makan mungkin disarankan. Ini akan membantu Anda mengganti otot dan jaringan lain yang Anda kehilangan.

Orang di dialisis harus makan 8 - 10 ons makanan tinggi protein setiap hari. Dokter, ahli diet, atau perawat mungkin menyarankan menambahkan putih telur, telur bubuk putih, atau bubuk protein.

Kalsium dan fosfor

Kalsium dan fosfor, dua mineral penting lainnya dalam tubuh, juga dipantau secara ketat. Bahkan pada tahap awal penyakit ginjal kronis, tingkat fosfor dalam darah dapat menjadi terlalu tinggi. Hal ini dapat menyebabkan:

Rendah kalsium (ini menyebabkan tubuh untuk menarik kalsium dari tulang Anda, yang dapat membuat tulang Anda lebih lemah dan lebih mungkin untuk istirahat)
Gatal

Anda akan perlu untuk membatasi jumlah makanan yang Anda makan susu, karena mereka mengandung banyak fosfor. Ini termasuk susu, yogurt, dan keju. Beberapa makanan susu lebih rendah dalam fosfor, termasuk bak margarin, mentega, keju krim, krim kental, keju ricotta, keju brie, serbat, dan topping whipped nondairy.

Buah dan sayuran mengandung hanya sejumlah kecil fosfor, tetapi mungkin mengandung banyak potasium.

Anda mungkin perlu untuk mengambil suplemen kalsium untuk mencegah penyakit tulang, dan vitamin D untuk mengontrol keseimbangan kalsium dan fosfor dalam tubuh Anda. Tanyakan dokter, perawat, atau ahli gizi.

Jika diet rendah fosfor perubahan tidak cukup, dokter anda dapat merekomendasikan "pengikat fosfor."

CAIRAN

Pada tahap awal penyakit ginjal kronis, Anda tidak perlu untuk membatasi berapa banyak cairan yang Anda minum. Sebagai penyakit ginjal Anda menjadi lebih buruk atau ketika Anda berada di dialisis, Anda akan perlu untuk melihat bagaimana Anda minum banyak cairan. Di antara sesi dialisis, cairan dapat membangun dalam tubuh. Terlalu banyak cairan akan menyebabkan sesak napas, keadaan darurat yang memerlukan perhatian medis segera.

Dokter dan perawat dialisis akan membiarkan Anda tahu berapa banyak Anda harus minum setiap hari. Jangan makan terlalu banyak makanan yang mengandung banyak air, seperti sup, Jell-O, es loli, es krim, anggur, melon, selada, tomat, dan seledri.

Gunakan cangkir kecil atau gelas dan menyerahkan cangkir Anda setelah Anda selesai.

Tips menjaga dari menjadi haus meliputi:

Hindari makanan asin
Bekukan beberapa jus di sebuah nampan es batu dan memakannya seperti es loli (Anda harus menghitung ini es batu dalam jumlah cairan harian Anda)
Tetap dingin di hari-hari panas

GARAM ATAU SODIUM

Mengurangi sodium dalam diet Anda akan membantu Anda mengendalikan tekanan darah tinggi , membuat Anda dari yang haus, dan mencegah tubuh Anda dari memegang cairan ekstra. Anda mungkin akan perlu makan diet rendah garam.

Carilah kata-kata pada label makanan:

Rendah sodium
Garam tidak ditambahkan
Natrium bebas
Natrium dikurangi
Tawar

Periksa semua label untuk melihat berapa banyak garam atau sodium per porsi makanan mengandung. Juga, hindari makanan yang daftar garam dekat awal bahan. Carilah produk dengan kurang dari 100 mg garam per porsi.

Jangan menggunakan garam saat memasak dan mengambil garam meja menjauh dari meja. Kebanyakan herbal lainnya yang aman, dan Anda dapat menggunakannya untuk rasa makanan Anda bukan garam.

JANGAN menggunakan pengganti garam karena mengandung potasium. Orang dengan penyakit ginjal kronis juga perlu untuk membatasi kalium.

POTASSIUM

Tingkat darah normal potasium membantu menjaga jantung Anda berdetak terus. Namun, terlalu banyak kalium dapat membangun bila ginjal tidak lagi berfungsi dengan baik. Irama jantung yang berbahaya bisa terjadi, yang dapat menyebabkan kematian.

Potasium ditemukan dalam kelompok makanan banyak, termasuk buah-buahan dan sayuran. Memilih barang yang tepat dari masing-masing kelompok makanan dapat membantu mengontrol kadar potasium.

Ketika makan buah:

Pilih persik, anggur, pir, ceri, apel, berry, nanas, plum, jeruk keprok, dan semangka
Batasi atau menghindari jeruk dan jus jeruk, nektarin, Kiwi, kismis atau buah kering lainnya, pisang, melon, melon, plum, dan nektarin

Ketika makan sayuran:

Pilih brokoli, kubis, wortel, kembang kol, seledri, mentimun, terung, kacang hijau dan lilin, selada, bawang, paprika, selada air, zucchini, dan labu kuning
Batasi atau menghindari asparagus,, alpukat kentang, tomat atau saus tomat, labu musim dingin, labu, alpukat, dan bayam dimasak

BESI

Pasien dengan gagal ginjal lanjut juga memiliki anemia \ dan biasanya membutuhkan zat besi tambahan.

Banyak makanan mengandung zat besi tambahan (hati, daging sapi, babi, ayam, lima dan kacang ginjal, zat besi yang diperkaya sereal). Karena penyakit ginjal Anda, bicara hal ini dengan dokter, perawat, atau ahli gizi.

Senin, 30 Januari 2012

ITP: IDIOPATHIC THROMBOCYTOPENIC PURPURA

Sumber:American Academy of Family Physicians (review/updated: 05/06)
WHAT IS ITP?
ITP adalah singkatan dari Idiopathic Thrombocytopenic Purpura. 'Idiopathic'berarti 'tidak diketahui penyebabnya'.'Thrombocytopenic' berarti 'darah yang tidak cukup memiliki sel darah merah (trombosit). 'Purpura' berartiseseorang memiliki luka memar yang banyak (berlebihan). Anda mungkin juga mendengar istilah ITP ini sebagai singkatan dari 'Immune Thrombocytopenic Purpura'.

Dalam tubuh seseorang yang menderita ITP, sel-sel darahnya kecuali sel darah merah berada dalam jumlah yang normal. Sel darah merah (Platelets) adalah sel-sel sangat kecil yang menutupi area tubuh paska luka atau akibat teriris/terpotong dan kemudian membentuk bekuan darah. Seseorang dengan sel darah merah yang terlalu sedikit dalam tubuhnya akan sangat mudah mengalamiluka memar dan bahkan mengalami perdarahan dalam periode cukup lama setelah mengalami trauma luka. Kadang bintik-bintik kecil merah (disebut Petechiae) muncul pula pada permukaan kulitnya. Jika jumlah sel darah merah ini sangat rendah, penderita ITP bisa juga mengalami mimisan yang sukar berhenti, atau mengalami perdarahan dalam organ ususnya.
WHAT CAUSES ITP?
Penyebab ITP ini tidak diketahui. Seseorang yang menderita ITP, dalam tubuhnya membentuk antibodi yang mampu menghancurkan sel-sel darah merahnya. Dalam kondisi normal, antibodi adalah respons tubuh yang sehat terhadap bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Tetapi untuk penderita ITP, antibodinya bahkan menyerang sel-sel darah merah tubuhnya sendiri.
WHO GETS ITP?
Ada 2 tipe ITP. Tipe pertama umumnya menyerang kalangan anak-anak, sedangkan tipe lainnya menyerang orang dewasa. Anak-anak berusia 2 hingga 4 tahun yang umumnya menderita penyakit ini. Sedangkan ITP untuk orang dewasa, sebagian besar dialami oleh wanita muda, tapi dapat pula terjadi pada siapa saja. ITP bukanlah penyakit keturunan.

HOW DOES ITP AFFECT CHILDREN?
ITP yang dialami anak-anak berbeda dengan yang dialami oleh orang dewasa. Sebagian besar anak yang menderita ITP memiliki jumlah sel darah merah yang sangat rendah dalam tubuhnya, yang menyebabkan terjadinya perdarahan tiba-tiba. Gejala-gejala yang umumnya muncul di antaranya luka memar dan bintik-bintik kecil berwarna merah di permukaan kulitnya. Selain itu juga mimisan dan gusi berdarah.

HOW IS ITP DIAGNOSED?
Dokter Anda dapat mendiagnosa penyakit ITP ini dengan melalui beberapa pertanyaan yang diajukan kepada penderita (atau keluarga) penderita serta melalui pemeriksaan fisik. Beliau juga akan menganalisa hasil pemeriksaan laboratorium terhadap sampel darah penderita.
HOW IS ITP TREATED IN CHILDREN?
Karena sebagian besar anak penderita ITP dapat pulih tanpa penanganan medis, banyak dokter yang merekomendasikan untuk melakukan observasi ketat dan sangat hati-hati terhadap penderita serta penanganan terhadap gejala-gejala perdarahannya. Penderita tidak perlu dirawat di Rumah Sakit jika penanganan dan perawatan intensif dan baik ini tersedia di rumah. Akan tetapi, beberapa dokter merekomendasikan penanganan medis singkat dengan pengobatan oral _Prednisone_ atau pemasangan infus (masuk ke urat darah halus) berisikan zat gamma globulin untuk meningkatkan jumlah sel darah merah penderita dengan cepat. Kedua jenis obat ini memiliki beberapa efek samping.

HOW DOES ITP AFFECT ADULTS?
Penyakit ITP untuk penderita orang dewasa dapat berlangsung lebih lama dibandingkan yang dialami anak-anak. Pada saat dilakukan diagnosa, sebagian besar penderita dewasa ITP umumnya telah mengalami adanya perdarahan yang terus meningkat dan mudah sekali mengalami luka memar dalam kurun waktu
beberapa minggu,atau bahkan bulan. Untuk pasien wanita, meningkatnya aliran darah menstruasi juga merupakan tanda-tanda utama.

Banyak orang dewasa yang mengalami thrombocytopenia (jumlah sel darah merah dalam darah relatif sedikit) yang tidak terlalu parah. Pada kenyataannya,sebagian kecil orang bahkan tidak mengalami gejala-gejala perdarahan. Kalangan ini umumnya didiagnosa ITP saat melakukan tes pemeriksaan darah untuk suatu keperluan, dan ternyata salah satu hasilnya menunjukkan jumlah sel darah merah yang sedikit.

HOW IS ITP TREATED IN ADULTS?
Penanganan medis terhadap penyakit ITP yang diderita orang dewasa lebih ditujukan untuk meningkatkan jumlah sel darah merahnya. Ini tidak sama dengan menyembuhkan penyakit ITP-nya. Penderita ITP mungkin diharuskan untuk mengkonsumsi obat Prednisone selama beberapa minggu, atau bahkan lebih
lama. Akan tetapi, saat pengobatan oral ini dihentikan, jumlah sel darah merah dalam tubuh penderita mungkin saja akan rendah kembali.

Jika pengobatan _Prednisone _ tidak juga banyak membantu, organ limpa penderita mungkin akan dikeluarkan melalui tindakan operasi. Organ ini yang memproduksi sebagian besar antibodi yang selama ini menghancurkan sel-sel darah merah dalam tubuhnya sendiri. Organ ini juga berfungsi untuk menghancurkan sel-sel darah yang tua atau rusak. Di lain pihak, bagi orang dewasa yang sehat, tindakan operasi pengeluaran organ limpa bukanlah kategori tindakan medis yang serius.

WHAT ABOUT ITP IN PREGNANT WOMEN?
Diagnosa ITP selama kehamilan cukup sulit dilakukan, karena jumlah sel-sel darah merah pada wanita hamil memang cukup rendah. Sekitar 5% wanita hamil memiliki jumlah sel darah merah yang normalnya juga cukup rendah di masa kehamilan tuanya. Penyebabnya juga tidak diketahui. Tetapi kondisi ini akan kembali normal sesaat setelah proses bersalin dilakukan.

Bayi yang lahir dari seorang ibu yang menderita ITP kemungkinan juga memiliki jumlah sel darah merah yang rendah dalam tubuhnya. Kodisi ini bisa berlangsung selama beberapa hari hingga beberapa minggu setelah ia dilahirkan. Setelah lahir, bayi umumnya tetap dirawat di rumah sakit untuk keperluan observasi beberapa hari. Sampai diperoleh kepastian bahwa tidak ada masalah, bayi boleh dibawa pulang ke rumah.
http://dranak.blogspot.com/2006/10/itp-idiopathic-thrombocytopenic.html

Jumat, 23 Desember 2011

ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN DENGAN GANGGUAN ISI PIKIR : WAHAM

I.       KAJIAN TEORI
A.    PENGERTIAN
Waham adalah keyakinan yang salah yang secara kokoh dipertahankan walaupun tidak diyakini oleh orang lain dan bertentangan dengan realita sosial (Stuart dan Sunden, 1990 : 90).
Waham adalah suatu kepercayaan yang salah/ bertentangan dengan kenyataan dan tidak tetap pada pemikiran seseorang dan latarbelakang sosial budaya (Rowlins, 1991: 107)
Waham adalah bentuk lain dari proses kemunduran pikiran seseorang yaitu dengan menca,puri kemampuan pikiran diuji dan dievaluasi secara nyata (Judith Heber, 1987: 722).
Waham adalah keyakinan tentang suatu isi pikir yang tidak sesuai dengan kenyataan atau tidak cocok dengan intelegensi dan latar belakang kebudayaan biarpun dibuktikan kemustahilannya itu (W. F.Maramis 1991 : 117).
Berdasarkan pengertian di atas maka waham adalah suatu gangguan perubahan isi pikir yang dilandasi adanya keyakinan akan ide-ide yang salah yang tidak sesuai dengan kenyataan, keyakinan atau ide-ide klien itu tidak dapat segera diubah atau dibantah dengan logika atau hal-hal yang bersifat nyata.

B.     RENTANG RESPON
Rentang respon gangguan adaptif dan maladaptif dapat dijelaskan sebagai berikut :
               Rentang respon neurobiologis
Respon adaptif

Respon maladaptif
²  Pikiran logis persepsi akurat
²  Emosi konsisten dengan pengalaman
²  Prilaku sesuai dengan hubungan sosial
²  Kadang-kadang isi pikir terganggu ilusi
²  Reaksi emosional ber-lebihan atau kurang
²  Prilaku ganjil atau tidak lazim
²  Gangguan isi pikir waham halusinasi
²  Ketidakmampuan untuk mengalami emosi
²  Ketidakmampuan isolasi sosial

Rentang respon neurobiologis di atas dapat dijelaskan bila individu merespon secara adaptif maka individu akan berpikir secara logis. Apabila individu berada pada keadaan diantara adaptif dan maladaptif kadang-kadang pikiran menyimpang atau perubahan isi pikir terganggu. Bila individu tidak mampu berpikir secara logis dan pikiran individu mulai menyimpang maka ia akan berespon secara maladaptif dan ia akan mengalami gangguan isi pikir : waham

C.    FAKTOR PREDISPOSISI
Faktor predisposisi dari perubahan isi pikir : waham kebesaran dapat dibagi menjadi 2 teori yang diuraikan sebagai berikut :
1.      Teori Biologis
a.       Faktor-faktor genetik yang pasti mungkin terlibat dalam perkembangan suatu kelainan ini adalah mereka yang memiliki anggota keluarga dengan kelainan yang sama (orang tua, saudara kandung, sanak saudara lain).
b.      Secara relatif ada penelitian baru yang menyatakan bahwa kelainan skizofrenia mungkin pada kenyataannya merupakan suatu kecacatan sejak lahir terjadi pada bagian hipokampus otak. Pengamatan memperlihatkan suatu kekacauan dari sel-sel pramidal di dalam otak dari orang-orang yang menderita skizofrenia.
c.       Teori biokimia menyatakan adanya peningkatan dari dopamin neurotransmiter yang dipertukarkan menghasilkan gejala-gejala peningkatan aktivitas yang berlebihan dari pemecahan asosiasi-asosiasi yang umumnya diobservasi pada psikosis.
2.      Teori Psikososial
a.       Teori sistem keluarga Bawen dalam Lowsend (1998 : 147) menggambarkan perkembangan skizofrenia sebagai suatu perkembangan disfungsi keluarga. Konflik diantara suami istri mempengaruhi anak. Penanaman hal ini dalam anak akan menghasilkan keluarga yang selalu berfokus pada ansielas dan suatu kondsi yang lebih stabil mengakibatkan timbulnya suatu hubungan yang saling mempengaruhi yang berkembang antara orang tua dan anak-anak. Anak harus meninggalkan ketergantungan diri kepada orang tua dan anak dan masuk ke dalam masa dewasa, dan dimana dimasa ini anak tidak akan mamapu memenuhi tugas perkembangan dewasanya.
b.      Teori interpersonal menyatakan bahwa orang yang mengalami psikosis akan menghasilkan hubungan orang tua anak yang penuh akan kecemasan. Anak menerima pesan-pesan yang membingungkan dan penuh konflik dan orang tua tidak mampu membentuk rasa percaya terhadap orang lain.
c.       Teori psikodinamik menegaskan bahwa psikosis adalah hasil dari suatu ego yang lemah. Perkembangan yang dihambat dan suatu hubungan saling mempengaruhi antara orang tua, anak. Karena ego menjadi lebih lemah  penggunaan mekanisme pertahanan ego pada waktu kecemasan yang ekstrim menjadi suatu yang maladaptif dan perilakunya sering kali merupakan penampilan dan segmen diri dalam kepribadian.

D.    FAKTOR PRESIPITASI
Faktor presipitasi dari perubahan isi pikir : waham, yaitu :
1.            Biologis
Stressor biologis yang berhubungan dengan neurobiologis yang maladaptif termasuk gangguan dalam putaran umpan balik otak yang mengatur perubahan isi informasi dan abnormalitas pada mekanisme pintu masuk dalam otak yang mengakibatkan ketidakmampuan untuk secara selektif menanggapi rangsangan.
2.      Stres lingkungan
Secara biologis menetapkan  ambang toleransi terhadap stres yang berinterasksi dengan sterssor lingkungan untuk menentukan terjadinya gangguan prilaku.
3.      Pemicu gejala
Pemicu yang biasanya terdapat pada respon neurobiologis yang maladaptif berhubungan dengan kesehatan lingkungan, sikap dan prilaku individu, seperti : gizi buruk, kurang tidur, infeksi, keletihan, rasa bermusuhan atau lingkungan yang penuh kritik, masalah perumahan, kelainan terhadap penampilan, stres gangguan dalam berhubungan interpersonal, kesepain, tekanan, pekerjaan, kemiskinan, keputusasaan dan sebagainya.




E.     JENIS-JENIS WAHAM
Waham terbagi atas beberapa jenis, yaitu :
1.      Waham Kejar
Individu merasa dirinya dikejar-kejar oleh orang lain atau sekelompok orang yang bermaksud berbuat jahat kepada dirinya, sering ditemukan pada klien dengan stres anektif tipe depresi dan gangguan organik.
2.      Waham Kebesaran
Penderita merasa dirinya paling besar, mempunyai kekuatan, kepandaian atau kekayaan yang luar biasa, misalnya adalah ratu adil dapat membaca pikiran orang lain, mempunyai puluhan rumah, dll.
3.      Waham Somatik
Perasaan mengenai berbagai penyakit yang berada pada tubuhnya sering didapatkan pada tubuhnya.
4.      Waham Agama
Waham dengan tema agama, dalam hal ini klien selalu meningkatkan tingkah lakunya yang telah ia perbuat dengan keagamaan.
5.      Waham Curiga
Individu merasa dirinya selalu disindir oleh orang-orang sekitarnya sehingga ia merasa curiga terhadap sekitarnya.
6.      Waham Intulistik
Bahwa sesuatu yang diyakini sudah hancur atau bahwa dirinya atau orang lain sudah mati, sering ditemukan pada klien depresi.

F.     TANDA DAN GEJALA
Tanda dan gejala dari perubahan isi pikir waham yaitu : klien menyatakan dirinya sebagai seorang besar mempunyai kekuatan, pendidikan atau kekayaan luar biasa, klien menyatakan perasaan dikejar-kejar oleh orang lain atau sekelompok orang, klien menyatakan perasaan mengenai penyakit yang ada dalam tubuhnya, menarik diri dan isolasi, sulit menjalin hubungan interpersonal dengan orang lain, rasa curiga yang berlebihan, kecemasan yang meningkat, sulit tidur, tampak apatis, suara memelan, ekspresi wajah datar, kadang tertawa atau menangis sendiri, rasa tidak percaya kepada orang lain, gelisah.

G.    SUMBER KOPING
Ada beberapa sumber koping individu yang harus dikaji yang dapat berpengaruh terhadap gangguan otak dan prilaku kekuatan dalam sumber koping dapat meliputi seperti : modal intelegensi atau kreativitas yang tinggi. Orang tua harus secara aktif mendidik anak-anaknya, dewasa muda tentang keterampilan koping karena mereka biasanya tidak hanya belajar dan pengamatan. Sumber keluarga dapat berupa pengetahuan tentang penyakit, finansial yang cukup, ketersediaan waktu dan tenaga dan kemampuan untuk memberikan dukungan secara berkesinambungan.

H.    POHON MASALAH

Kerusakan komunikasi verbal                         Akibat






 










II.    TEORI ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN DENGAN GANGGUAN ISI PIKIR : WAHAM KEBESARAN
A.    PENGKAJIAN
1.      Pengumpulan Data
Hal-hal yang perlu dikaji pada klien dengan gangguan isi pikir : waham kebesaran yaitu :
a.       Data Subjektif
Klien merasa dirinya sebagai orang besar, mempunyai kekuatan, kepandaian yang luar biasa, misalnya dapat membaca atau membawa pikiran orang lain, dialah ratu adil.

b.      Data Objektif
Klien kadang-kadang tampak panik, tidak mampu untuk berkonsentrasi, waham atau ide-ide yang salah, ekspresi muka kadang sedih kadang gembira, tidak mampu membedakan khayalan dengan kenyataan, sering tidak memperlihatkan kebersihan diri, gelisah, tidak bisa diam (melangkah bolak-balik), mendominasi pembicaraan, mudah tersinggung, menolak makan dan minum obat, menjalankan kegiatan agama secara berlebihan atau tidak sama sekali melakukannya, merusak diri-sendiri dan orang lain serta lingkungannya, jarang mengikuti atau tidak mau mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, sering terbangun pada dini hari, penampilan kurang bersih.
2.      Daftar Masalah
Masalah yang lazim muncul pada klien dengan perubahan isi pikir : waham kebesaran, yaitu :
a.       Kerusakan komunikasi verbal.
b.      Perubahan isi pikir : waham kebesaran
c.       Kerusakan interaksi sosial : menarik diri

B.     DIAGNOSA
Diagnosa yang sering muncul, yaitu :
1.      Kerusakan komunikasi verbal berhubungan dengan perubahan isi pikir : waham
2.      Perubahan isi pikir : waham berhubungan dengan kerusakan interaksi sosial : menarik diri.
3.      Kerusakan interaksi sosial : menaruh diri berhubungan dengan gangguan konsep diri : harga diri rendah.

C.    PERENCANAAN DAN INTERVENSI
Tindakan keperawatan yang lazim dilakukan pada klien dengan perubahan isi pikir : waham yaitu :
1.      Kerusakan komunikasi verbal berhubungan dengan perubahan isi pikir : waham kebesaran :
a.       Tujuan umum : klien mampu berkomunikasi verbal dengan baik sehingga klien dapat melakukan hubungan dengan orang lain.

b.      Tujuan khusus :
Ø  Klien dapat membina hubungan saling percaya dengan perawat.
Ø  Klien dapat mengidentifikasi kemampuan yang dimiliki
Ø  Klien dapat mengidentifikasi kebutuhan yang tidak terpenuhi
Ø  Klien dapat berhubungan dengan realitas
Ø  Klien dapat dukungan keluarga
Ø  Klien dapat menggunakan obat yang benar
Perencanaan :
Ø  Bina hugungan saling percaya dengan klien
Ø  Jangan membantah dan mendukung waham klien
Ø  Yakinkan klien berada dalam keadaan aman dan terlindung
Ø  Observasi apakah waham klien mengganggu aktivitas sehari-hari dan perawatan diri
Ø  Beri pujian pada penampilan dan kemampuan klien yang realitas
Ø  Observasi kebutuhan klien sehari-hari
Ø  Berbicara dengan klien dalam kontak realitas
Ø  Ikutsertakan klien dalam therapi aktivitas kelompok
Ø  Diskusikan dengan keluarga tentang gejal waham, cara merawat, lingkungan keluarga dan follow up obat
Intervensi dan Rasional
a.       Bina hubungan saling percaya dengan klien, ciptakan lingkungan yang hangat dan bersahabat.
Rasional : dengan rasa saling percaya, klien dapat mengungkapkan perasaannya sehingga akan mempermudah melakukan tindakan keperawatan.
b.      Diskusikan dengan klien penyebab perubahan isi pikirnya.
Rasional : dengan mengetahui penyebab, maka akan mempermudah dalam melakukan tindakan keperawatan.
c.       Diskusikan, anjurkan serta arahkan klien berpikir secara realita.
Rasional : klien dapat melakukan hal-hal yang realita sesuai dengan kenyataan.
d.      Libatkan keluarga dalam perawatan klien terutama terhadap perubahan isi pikir klien.
Rasional : keluarga merupakan support sistem yang baik untuk mendukung penyembuhan klien.
2.      Perubahan isi pikir : waham kebesaran berhubungan dengan menarik diri
a.       Tujuan umum : klien tidak mengalami perubahan isi pikir : waham kebesaran
b.      Tujuan khusus :
Ø  Klien dapat menyebutkan penyebab dirinya menarik diri dengan kriteria evaluasi, klien dapat mengetahui penyebabnya.
Ø  Klien dapat menyebutkan keuntungan dan kerugian berhubungan dengan orang lain.
Intervensi dan rasional
a.       Kaji pengetahuan klien dengan prilaku menarik diri sehingga dapat mengenali tanda-tanda menarik diri.
Rasional : klien dapat menyadari tanda-tanda menarik diri sehingga memudahkan perawat memberikan intervensi selanjutnya.
b.      Beri kesempatan klien untuk mengungkapkan perasaannya terutama penyebab prilaku menarik diri.
Rasional : klien dapat mengungkapkan penyebab prilaku menarik diri dapat membantu perawat dalam mengidentifikasi tindakan yang dilakukan.
c.       Berikan pujian terhadap kemampuan berhubungan dengan orang lain dan kerugian bila tidak mau berhubungan dengan orang lain.
Rasional : pujian akan dapat memotivasi klien untuk mau berhubungan dengan orang lain.
3.      Kerusakan interaksi sosial : menarik diri berhubungan dengan konsep diri, harga diri rendah.
a.       Tujuan umum : klien mau berinteraksi sosial dan tidak menarik diri.
b.      Tujuan khusus : dapat meningkatkan kemampuan yang dimiliki dan digunakan dengan kriteria evaluasi, dapat mengungkapkan kemampuan yang dimiliki.
Intervensi dan rasional
a.          Diskusikan dan anjurkan klien untuk melakukan kegiatan sesuai kemampuan yang masih dapat dipergunakan selama sakit.
Rasional : memberi kesempatan pada klien untuk melakukan kegiatan sesuai kemampuan hingga klien merasa harga dirinya meningkat.
b.          Anjurkan klien meminta obat pada petugas dan dapat merasakan manfaat.
Rasional : memastikan klien minum obat.
4.      Gangguan konsep diri harga diri rendah berhubungan dengan ideal diri tidak realistis dan gambaran diri yang terlalu tinggi.
a.       Tujuan umum : klien tidak merasa harga diri rendah
b.      Tujuan khusus :
Ø  Mengenal masalah, mengidentifikasi sikap menyebut masalah mengetahui pemecahannya.
Ø  Mampu mengenal harapan-harapan nyata dan tidak nyata.
Intervensi dan rasional
a.       Bimbing keluarga untuk menghargai kemampuan hal-hal yang dimiliki klien walaupun tidak sebanding dengan kemampuan anggota keluarga lain.
Rasional : dengan menghargai kemampuan klien akan meningkatkan harga diri rendah.
b.      Identifikasi bersama kilen tentang prilakunya yang maladaptif.
Rasional : klien dapat mengenal, mengungkapkan serta menerimanya
c.       Identifasi bersama klien cara untuk memecahkan masalah.
Rasional : dapat meningkatkan kemampuan klien.
d.      Beri tanggapan dan dengarkan harapan yang diinginkan.
Rasional : membuat klien menjadi terbuka.
e.       Dorong individu untuk mengungkapkan harapan yang dimilikinya.
Rasional : memudahkan perawat dalam melakukan harapan yang dimiliki.
f.       Tunjukkan pada klien harapan yang nyata.
Rasional : menunjukkan pada harapan yang bersifat nyata sehingga dapat menerima kenyataan.
g.      Alihkan  pada harapan yang tidak sesuai keaktivitas sesuai hoby.
Rasional :  dapat membimbing untuk melakukan tindakan sesuai kemampuannya.

III.  EVALUASI
Hasil yang diharapkan setelah melakukan intervensi pada klien dengan perubahan isi pikir : waham kebesaran yaitu :
a.       Klien dapat membina hubungan saling percaya.
b.      Klien dapat mengendalikan isi pikir : waham kebesaran.
c.       Klien dapat mengekspresikan perasaannya.
d.      Klien dapat mengembangkan persepsi diri yang positif.
e.       Klien dapat berhubungan dengan lingkungan.
Klien dapat terlibat dalam perawatannya.

KERUSAKAN INTERAKSI SOSIAL


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Berdasarkan data klien yang dirawat di RSJ Propinsi Bali di Bangli pada tahun 2005, dari total klien yang mengalami gangguan jiwa yaitu 116 orang, 75% diantaranya adalah penderita skizofrenia. Orang yang mengalami skizofrenia, 30% diantaranya mengalami gangguan perubahan persepsi sensori halusinasi. Dan klien tersebut sebelumnya mengalami suatu keadaan Kerusakan Interaksi Sosial yang merupakan suatu respon individu yang bersifat maladaptif.
Kerusakan Interaksi Sosial adalah suatu keadaan klien yang mengalami ketidakmampuan untuk mengadakan hubungan dengan orang lain atau dengan lingkungan di sekitarnya secara wajar ( Nasution,M.L.,2003). Pada klien dengan perilaku Kerusakan Interaksi Sosial sering melakukan kegiatan yang ditujukan untuk mencapai pemuasan diri, dimana klien melakukan usaha untuk melindungi diri sehingga ia jadi pasif dan berkepribadian kaku, klien Kerusakan Interaksi Sosial juga melakukan pembatasan (isolasi diri), termasuk juga kehidupan emosionalnya, semakin sering klien Kerusakan Interaksi Sosial, semakin banyak kesulitan yang dialami dalam mengembangkan hubungan sosial dan emosional dengan orang lain.
Dalam membina hubungan sosial, individu berada dalam rentang respon yang adaptif sampai dengan maladaptif. Respon adaptif merupakan respon yang dapat diterima oleh norma-norma sosial dan kebudayaan yang berlaku, sedangkan respon maladaptif merupakan respon yang dilakukan individu dalam menyelesaikan masalah yang kurang dapat diterima oleh norma-norma sosial dan budaya. Respon sosial dan emosional yang maladaptif sering sekali terjadi dalam kehidupan sehari-hari, khususnya sering dialami pada klien Kerusakan Interaksi Sosial sehingga melalui pendekatan proses keperawatan yang komprehensif penulis berusaha memberikan asuhan keperawatan yang semaksimal mungkin kepada klien dengan masalah keperawatan utama Kerusakan Interaksi Sosial.
Dari segi kehidupan sosial kultural, interaksi sosial adalah merupakan hal yang utama dalam kehidupan bermasyarakat, sebagai dampak adanya Kerusakan Interaksi Sosial akan menjadi suatu masalah besar dalam fenomen kehidupan,  yaitu terganggunya komunikasi yang merupakan suatu elemen penting dalam mengadakan hubungan dengan orang lain atau lingkungan disekitarnya.
Berdasarkan hal-hal diatas, penulis tertarik untuk mengangkat masalah keperawatan utama yaitu : kerusakan interaksi sosial Kerusakan Interaksi Sosial pada Klien “GS” di Ruang Bratasena BPK RSJ Provinsi Bali di Bangli sebagai laporan asuhan keperawatan kesehatan jiwa yang merupakan kemasan MA Keperawatan Jiwa II.

B.   Tujuan Penulisan
1.      Tujuan umum
Untuk mendapatkan gambaran tentang proses keperawatan pada klien “GS” dengan Kerusakan Interaksi Sosial dari ruang Bratasena BPK RSJ Provinsi Bali di Bangli.
2.      Tujuan Khusus
a.       Dapat melakukan pengkajian, analisa data merumuskan masalah keperawatan, membuat pohon masalah, menetapkan diagnosa keperawatan pada Klien “GS” dengan kerusakan interaksi social dari ruang Bratasena BPK RSJ Provinsi Bali di Bangli.
b.      Dapat menyusun perencanaan tindakan keperawatan untuk memenuhi kebutuhan klien dan mengatasi masalah klien.
c.       Dapat mengimplementasikan rencana tindakan keperawatan yang nyata sesuai dengan diagnosa keperawatan telah ditegakkan.
d.      Dapat menilai hasil (mengevaluasi) tindakan keperawatan yang telah dilakukan.
e.       Dapat melakukan pendokumentasian keperawatan.

C.     Metode Penulisan
Metode yang digunakan dalam pembuatan laporan ini adalah:
1. Studi Kasus
Penulis melakukan asuhan keperawatan secara langsung pada seorang klien dengan masalah keperawatan utama kerusakan interaksi sosial di ruang Bratasena BPK RSJ Provinsi Bali di Bangli.
2. Observasi
Mengobservasi gejala-gejala perilaku yang dialami klien denngan masalah keperawatan utama kerusakan interaksi sosial di ruang Bratasena BPK RSJ Provinsi Bali di Bangli.

3. Wawancara
Pengkajian dalam rangka pengumpulan data dilakukan terhadap klien, keluarga klien dan perawat ruangan
D.    Sistematika Penulisan
Adapun sistematika penulisan laporan ini adalah:
BAB I : Pendahuluan
A.    Pendahuluan
B.     Tujuan Penulisan
C.     Metode Penulisan
D.    Sistematika penulisan
BAB II : Konsep Dasar
A.    Definisi/Pengertian
B.     Faktor Predisposisi dan Presipitasi
C.     Rantang Respon/Pathopsikologi
D.    Gejala dan Tanda
E.     Penatalaksanaan/Tindakan Keperawatan
BAB III : Tinjauan Kasus
A.    Pengkajian
B.     Diagnosa keperawatan
C.     Intervensi keperawatan
D.    Implementasi Keperawatan
E.     Evaluasi Keperawatan

BAB IV : Penutup
A.    Kesimpulan
B.     Saran
BAB II
KONSEP DASAR

A.    DEFENISI
Kerusakan Interaksi Sosial adalah suatu keadaan klien yang mengalami ketidak mampuan untuk mengadakan hubungan dengan orang lain atau dengan lingkungan disekitarnya secara wajar dan hidup dalam khayalan sendiri yang tidak realistik ( Nasution,  M.L.,2003).
B.     FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN INTERAKSI SOSIAL
1.       FAKTOR PREDISPOSISI
Berbagai teori telah diajukan untuk menjelaskan gangguan alam perasaan yang parah. Teori ini menunjukkan rentang faktor-faktor penyebab yang mungkin bekerja sendiri atau dalam kombinasi.
1.      Faktor genetik, dianggap mempengaruhi tranmisi gangguan efektif melalui riwayat keluarga atau keturunan.
2.      Teori agresi menyerang kedalam menunjukkan bahwa depresi terjadi karena perasaan marah yang ditujukan kepada diri sendiri.
3.      Teori kehilangan objek, merujuk kepada perpisahan traumatik individu dengan benda atau yang sangat berarti.
4.      Teori organisasi kepribadian, menuraikan bagaimana konsep diri yang negatif dan harga diri rendah mempengaruhi sistem keyakinan dan penilaian seseorang terhadap.
5.      Model kognitif menyatakan bahwa depresi, merupakan masalah kognitif yang didominasi oleh evaluasi negatif seseorang terhadap diri seseorang, dunia seseorang, dan masa depan seseorang.
6.      Metode ketidak berdayaan yang dipelajari, menunjukkan bahwa bukan semata-mata trauma menyebabkan depresi tetapi keyakinan bahwa seseorang tidak mempunyai kendali terhadap hasil yang penting dalam kehidupannya, oleh karena itu ia mengulang respons yang adaptif.
7.      Model perilaku berkembang dari kerangka teori belajar sosial, yang mengasumsi penyebab depresi terletak pada kurangnya keinginan positif dalam berinteraksi dengan lingkungan.
8.      Model biologik, menguraikan perubahan kimia dalam tubuh yang terjadi selama masa depresi, termasuk defisiensi katekolamin, disfungsi endoksin, hipersekresi kotisol, dan variasi periodik.
2.       FAKTOR PRESIPITASI
Adapun empat sumber utama stessor yang dapat menentukan gangguan alam perasaan.
a.       Kehilangan keterikatan, yang nyata atau yang dilayangkan, termasuk kehilangan cinta seseorang, fungsi fisik, kedudukan atau harga diri, karena elemen aktual dan simbolik melibatkan konsep kehilangan, maka persepsi klien merupakan hal yang sangat penting.
b.      Peristiwa besar dalam kehidupan, sering dilaporkan sebagai pendahulu episode depresi dan mempunyai dampak terhadap masalah-masalah yang dihadapi sekarang dan kemampuan menyelesaikan masalah.
c.       Peran dan ketegangan peran telah dilaporkan mempengaruhi perkembangan depresi, terutama pada wanita.
d.      Perubahan fisiologis diakibatkan oleh obat-obatan atau berbagai penyakit fisik, seperti : infeksi, neoplasma, dan gangguan keseimbangan metabolik, dapat mencetuskan gangguan alam perasaan diantara obat-obatan tersebut terdapat obat antihipertensi dan penyalah gunaan zat yang menyebabkan kecanduan. Kebanyakan penyakit kronik yang melemahkan tubuh juga sering disertai dengan depresi. Depresi yang terdapat pada usia lanjut biasanya bersifat kompleks, karena untuk menegakkan diagnosisnya sering melibatkan evaluasi dari kerusakan otak organik, dan depresi klinik (Stuart & Sundeen, 1998)
C.     RENTANG RESPON
Rentang Respon Sosial
Respon Adaptif                                                                           Respon Maladaptif
 

Menyendiri                              Merasa sendiri (Loneliness)                Manipulasi
otonomi                                   Kerusakan Interaksi Sosial                  Impulsif
Bekerja sama (mutualisme)     ketergantungan(defenden)                  narcisisme
Saling ketergantungan
(interdependen)
Tabel 1. Rentang respon sosial
Keterangan:
v  Menyendiri ( Solitude)
Merupakan respon yang dibutuhkan seseorang untuk merenungkan apa yang telah dilakukan di lingkungan sosialnya dan suatu cara mengevaluasi diri untuk menentukan langkah selanjutnya.
v  Otonomi
Kemampuan individu untuk menetukan dan menyampaikan ide-ide, pikiran, perasaan, dalam hubungaan sosial.
v  Bekerjasama (mutualisme)
Suatu kondisi dalam hubungan interpersonal dimana individu tersebut mampu untuk saling memberi dan menerima.
v  Saling Ketergantungan (interdependen)
Merupakan kondisi saling ketergantungan antara individu dengan orang lain dalam membina hubungan interpersonal.
v  Kerusakan Interaksi Sosial
Keadaan dimana seseorang menemukan kesulitan dalam membina hubungan secara terbuka dengan orang lain
v  Ketergantungan ( dependen )
Terjadi bila seseorang gagal dalam mengembangkan rasa percaya diri atau kemampuannya untuk berfungsi secara sukses.
v  Manipulasi
Gangguan hubungan sosial yang terdapat pada individu yang menganggap orang lain sebagai objek.individu tersebut tidak dapat membina hubungan sosial secara mendalam.

v  Impulsif
Tidak mampu merencanakan sesuatu, tidak mampu belajar dari pengalaman, penilaian yang buruk dan individu ini tidak dapat diandalkan.
v  Narcisisme
Harga dirinya rapuh, secara terus menerus berusaha mendapatkan penghargaan dan pujian yang egosentris dan pencemburu.

Rentang Respon Emosional
Respon Adaptif                                                                           Respon Maladaptif

Kepekaan        Reaksi berduka           Supresi            Penundaan                Depresi/
Emosional       Takterkomplikasi         Emosi              Reaksi berduka          Mania

Tabel 2. Rentang respon emosional
Keterangan:
v  Kepekaan emosional, dipengaruhi oleh dan berperan aktif dalam dunia internal dan eksternal seseorang. Tersirat bahwa orang tersebut terbuka dan sadar akan perasaannya sendiri.
v  Reaksi berduka tak terkomplikasi, terjadi sebagai respon terhadap kehilangan dan tersirat bahwa seseorang sedang menghadapi sesuatu kehilangan yang nyata serta terbenam dalam peroses aberbukanya.
v  Supresi emosi, mungkin tampak sebagai penyangkalan (denial) terhadap perasaan sendiri, pelepasan dari keterikatan dengan emosi atau penalaran terhadap semua aspek dari dunia afektif seeorang.
v  Penundaan reaksi berkabung, adalah ketidakadaan yang pesisten respon emosional terhadap kehilangan. Ini dapat terjadi pada awal proses berkabung, dan menjadi nyata pada pengunduran proses mulaai terjadi atau keduanya.penundan dan penolakan proses berduka kadang terjadi bertahun-tahun.
v  Depresi, suatu kesedihan atau perasaan duka yang berkepanjangan dapat digunakan untuk menunjukkan berbagai fenomena, tanda, gejala sindrom, keadaan emosional, reaksi penyakit atau klinik.
v  Mania, ditandai dengan elevasi alam perasaan berkepanjangan atau mudah di singgung. Hipomania digunakan untuk menggambarkan sindrom klinik serupa tetapi tidak separah mania atau episode manik. (Stuart dan sundeen, 1998).
D.    Gejala dan Tanda
Tingkah laku klien Kerusakan Interaksi Sosial:
1.           Kurang spontan
2.           Apatis (acuh terhadap lingkungan)
3.           Ekspresi wajah kurang berseri
4.           Afek tumpul
5.           Tidak merawat dan memperhatikan kebersihan diri
6.           Komunukasi verbal menurun/tidak ada
7.           Mengisolasi diri
8.           Kurang sadar dengan lingkungan sekitar
9.           Pemasukan makanan dan minuman terganggu
10.       Retensi urine dan feses
11.       Aktivitas menurun
12.       Kurang energi(tenaga)
13.       Harga diri rendah
14.       Menolak berhubungan dengan orang lain.

D.    Konsep Asuhan Keperawatan
1.      Pengkajian
a.       Faktor Predisposisi
1)      Faktor perkembangan
Secara teori, kurangnya stimulasi, kasih sayang dan kehangatan dari ibu(pengasuh) pada bayi akan memberikan rasa tidak aman yang dapat menghambat terbentuknya rasa percaya.
2)      Faktor biologis
Genetik merupakan salah satu faktor pendukung gangguan jiwa.
3)      Faktor sosiokultural
Isolasi sosial dapat terjadi, salah satunya pada tuntutan lingkungan yang terlalu tinggi.

b.      Faktor Presipitasi
Stressor psikologis seperti intensitas kecemasan yang ekstrim dan memanjang disertai terbatasnya kemampuan individu untuk mengatasi masalah diyakini akan menimbulkan berbagai masalah kerusakan hubungan sosial menarik dri
c.       Fisik
ADL (Aktivitiy Daily Living)
Masalah nutrisi, kebersihan diri, tidak mampu berpartisipasi dalam kegiatan aktivitas fisik yang menurun akan muncul pada klien dengan Kerusakan Interaksi Sosial.
d.      Status emosi
Afek tidak sesuai merasa bersalah dan malu, sikap negatif yang curiga,rendah diri dan kecemasan berat.
e.       Status sosial
Kerusakan Interaksi Sosial dan tidak percaya pada orang lain.
2.      Diagnosa Keperawatan
a.       Masalah Keperawatan
1)      Risiko tinggi melakukan kekerasan
2)      Perubahan sensori persepsi ; halusinasi  
3)      Kerusakan interaksi sosial; Kerusakan Interaksi Sosial
4)      Gangguan konsep diri harga diri rendah
5)      Sindrom defisit perawatan diri
6)      Intoleransi aktivitas
7)      Ketegangan peran pemberi perawatan
8)      Ketidakmampuan keluarga merawat klien di rumah

c.       Diagnosa Keperawatan
Diagnosa keperawatan yang berhubungan dengan Kerusakan Interaksi Sosial.
1)      Risiko tinggi melakukan kekerasan sehubungan dengan halusinasi pendengaran
2)      Perubahan sensori persepsi  b/d Kerusakan Interaksi Sosial.
3)      Kerusakan interaksi sosial b/d harga diri rendah kronis
4)      Sindrom defisit perawatan diri b/d intoleransi aktivitas
5)      Ketegangan peran memberi perawatan b/d ketidakmampuan keluarga merawat klien dirumah.
  

3.      Perencanaan Keperawatan
Diagnosa keperawatan 1
Resiko tinggi terhadap tindakan kekerasan yang diarahkan kepada orang lain pada diri sendiri dan lingkungan b/d Perubahan sensori persepsi
Tujuan
TUM   : Klien tidak melakukan tindakan kekerasan yang diarahkan kepada orang lain pada diri sendiri dan lingkungan
TUK 1 : Klien dapat membina hubungan saling percaya.
Intervensi :
1        Bina hubungan saling percaya
Salam terapeutik, perkenalkan diri, jelaskan tujuan interaksi, ciptakan lingkungan yang tenang, buat kontrak yang jelas, tepati waktu.
2        Dorong dan beri kesempatan klien mengungkapkan perasaannya.
3        Dengarkan ungkapan klien dengan empati
Rasional:
1        Hubunagn saling percaya sebagai dasar interaksi yang terapeutik perawat klien
2        Ungkapan perasaan klien terhadap perawat sebagai bukti bahwa klien mulai mempercayai perawat
3        Rasa empati akan meningkatkan hubungan saling percaya.
Evaluasi
Klien dapat mengungkapkan perasaan dan keadaannya saat ini secara verbal.
TUK 2 : Klien dapat mengenal halusinasinya

Intervensi
1        Adakan kontrak sering dan singkat secara bertahap 5 menit setiap 1 jam, 10 menit setiap satu jam, 15 menit setiap satu jam
2        Observasi tingkah laku verbal / non verbaal yang berhubungan dengan halusinasi, bicara sendiri, yaitu : isi bicara, mata melotot, tiba-tiba melotot, tiba-tiba pergi, tertawa tiba-tiba
3        Gambarkan tingkah laku halusinasi pada klien “apa yang terdenganr atau dilihat “.
4        Terima halusinsi sebagai hal yang nyata bagi klien, tapi tidak bagi perawat (tidak membenarkan dan tidak menunjang)
5        Bersama klien mengidentifikasi aktivitas yang menimmbulkan dan tidak menimbulkan halusinasi ,sifat, isi,waktu, dan frekuensi halusinasi.
6        Bersama klien menentukan faktor pencetus halusinasi : ”apa yang terjadi sebelum halusinasi?”.
7        Dorong klien mengungkapkan perasaannya ketika sedang berhalusinasi
Evaluasi
1        Klien dapat membedakan hal yang nyata dan hal yang tidak nyata setelah 3-4 kali pertemuan dengan menceritakan hal-hal yang nyata.
2        Klien dapat menyebutkan situasi yang menimbulkan halusinasi: sifat, isi, waktu, frekuensi halusinasi, setelah 3x pertemuan.

TUK 3 : Klien dapat mengontrol halusinasinya
Intervensi:
1        Identifikasi bersama klien tindakan apa yang dilakukan bila sedang berhalusinasi
2        Beri pujian terhadap ungkapan klien tentang tindakannya
3        Diskusikan cara memutuskan halusinasi
4        Dorong klien untuk menyebutkan kembali cara memutuskan halusinasi
5        Beri pujian atas upaya klien
Rasional
1        Tindakan yang biasa dilakukan klien merupakan upaya mengatasi halusinasi
2        Memberikan hal yang positif atau pengakuan akan meningkatkan harga diri klien
3        Dengan halusinasi yang terkontrol untuk klien maka waham curiga tidak terjadi
4        Pengulangan hasil diskusi yang dapat dilakukan klien merupakan suatu tanda konsentrasi pikir dapat difokuskan
5        Pujian merupakan pengakuan yang dapat meningkatkan motivasi dan harga diri klien
Evaluasi
1        Klien dapat menyebutkan tindakan yang dilakukan bila sedang berhalusinasi setelah 3 x pertemuan.
2        Klien dapat menyebutkan 3 dari 4 cara memutuskan halusinasi

TUK 4 : Klien dapat memanfaatkan obat untuk mengontrol halusinasinya
Intervensi
1        Diskusikan dengan klien tentang obat yang dapat mengontrol halusinasi
2        Bantu klien untuk memastikan klien telah minum obat secara teratur untuk menontrol halusinasinya
Rasional
1        Meningkatkan pengetahuan dan motivasi klien untuk minum obat secara teratur
2        Memastikan bahwa klien minum obat secara teratur
Evaluasi
Klien minum obat secara teratur sesuai aturan minum obat setelah 3 x pertemuan
TUK 5 : Klien dapat dukungan keluarga dalam mengontrol halusinasinya
Intervensi
1        Dorong klien untuk memberitahu keluarga ketika timbul halusinasi
2        Lakukan kunjungan keluarga, kenalkan pada halusinasi klien bantu dalam memutuskan tindakan untuk mengontrol halusinasi klien, ajarkan cara merawat klien dirumah, informasikan cara memotifikasi lingkungan agar mendukung realitas dan dorong keluarga memanfaatkan fasilitas kesehatan dalam mengontrol halusinasi klien.
Rasional
1        Sebagai upaya latihan klien sebelum berada di rumah
2        Keluarga yang mampu merawat klien dengan halusinasi paling efektif mendukung kesembuhan klien dengan masalah halusinasi.
Evaluasi
Klien dapat dukungan keluarga dalam mengontrol halusinasi setelah dirumah.

Diagnosa keperawatan 2
Perubahan sensori persepsi b/d Kerusakan Interaksi Sosial
TUM : Klien dapat berhubungan dengan orang lain dan lingkungan sehingga halusinasi dapat dicegah
TUK 1 Klien dapat membina hubungan saling percaya dengan perawat
Intervensi
Bina hubungan saling percaya :
1        Sikap terbuka dan empati
2        Terima klien apa adanya
3        Sapa klien dengan ramah
4        Tepati janji
5        Jelaskan tujuan pertemuan
6        Pertahankan kontak mata selama interaksi
7        Penuhi kebutuhan dasar klien saat itu
Rasional
Kejujuran, kesediaan dan penerimaan, meningkatkan kepercayaan hubungan antara klien dengan perawat
Evaluasi
Setelah 2 x pertemuan klien dapat menerima kehadiran perawat
TUK 2 : Klien dapat mengenal perasaan yang menyatakan perilaku Kerusakan Interaksi Sosial
Intervensi
1        Kaji pengetahuan klien tentang Kerusakan Interaksi Sosial
2        Beri kesempatan pada klien untuk mengungkapkan perasaan penyebab Kerusakan Interaksi Sosial
3        Diskusikan bersama klien tentang prilaku Kerusakan Interaksi Sosialnya
4        Beri pujian terhadap kemampuan klien mengungkapkannya
Rasional
1.      Mengetahui sejauh mana pengetahuan klien yang Kerusakan Interaksi Sosial sehingga perawat dapat merencanakan tindakan selanjutnya
2.      Untuk mengetahui alasan klien Kerusakan Interaksi Sosial
3.      Meningkatkan pengetahuan klien dan mencari pemecahan bersama tentang masalah klien
4.      Meningkatkan harga diri klien berani bergaul denngan lingkungan sosialnya
Evaluasi
Setelah satu kali pertemuan klien dapat menyebutkan penyebab/alasan dirinya Kerusakan Interaksi Sosial.
TUK 3 : Klien dapat mengetahui keuntungan berhubungan dengan orang lain
Intervensi
1        Diskusikan tentang manfaat berhubungan dengan orang lain
2        Dorong klien untuk menyebutkan kembali manfaat berhubungan dengan orang lain
3        Beri pujian terhadap kemampuan klien dalam menyebutkan manfaat berhubungan dengan orang lain
Rasional
1        Meningkatkan pengetahuan klien tentang perlunya berhubungan dengan orang lain
2        Untuk mengetahui tingkat permohonan klien terhadap informasi yang telah diberikan
3        Reinfocemet positif dapat meningkatkan harga diri klien
Evaluasi
Klien dapat menyebutkan 2 dari 3 manfaat berhubungan denngan orang lain
1        Mendapat teman
2        Mengungkapkan perasaan
3        Membantu pemecahan masalah
TUK 4 : Klien dapat berhubungan dengan orang lain secara bertahap
Intervensi
1        Dorong klien untuk menyebutkan cara berhubungan dengan orang lain
2        Dorong dan bantu klien berhubungan dengan orang lain secara bertahap antara lain:
a.       klien – perawat
b.      klien – perawat – perawat lain
c.       klien – perawat – klien lain
d.      klien – kecil (TAK)
e.       klien – keluarga
3.      Libatkan klien dalam kegiatan TAK dan ADL ruangan
4.      Reinforcement positif atas keberhasilan yang telah dicapai klien
Rasional
1.      Untuk mengetahui pemahaman klien terhadap informasi yang telah diberikan
2.      Klien mungkin mengalami perasaan tidak nyaman, malu dalam berhubungan sehingga perlu dilatih secara bertahap dalam berhubungan dengan orang lain
3.      Membantu klien dalam mempertahankan hubungan interpersonal
4.      Reinforcement positif dapat meningkatkan harga diri klien
Evaluasi
Klien dapat menyebutkan cara berhubungan dengan orang lain, misalnya :
- Membalas sapaan perawat
- Menatap mata
- Mau berinteraksi
TUK 5 : Klien mendapatkan dukungan keluarga dan berhubungan dengan orang lain
Intervensi
1.      Diskusikan tentang manfaat berhubungan denga anggota keluarga
2.      Dorong klien untuk mengemukakan perasaan tentang keluarga
3.      Beri brenforrcement positif atas kemampuan klien mengungkapkan perasanya, manfaat berhubungan dengan orang lain
Rasional
1.       Untuk mengetahui sejauh mana klien merasakan amanfaat dari berhubungan dengan orang lain
2.       Mengidentifikasi hambatan yang dirasakan oleh klien dalam berhubungan dengan orang lain
3.       Reinforcement positif dapat meningkatkan harga diri klien
Evaluasi
Klien dapat mengungkapkan perasaanya setelah berhubungan dengan orang lain untuk :
Diri sendiri dan orang lain
Diagnosa keperawatan 3
Kerusakan interaksi sosial ; Kerusakan Interaksi Sosial b/d harga diri rendah
Tujuan
TUM   : Klien mampu berhubungan dengan orang lain tanpa merasa rendah diri
TUK 1 : Klien dapat memperkuat kesadaran diri
Intervensi
1.      Diskusikan dengan klien kelebihan yang dimilikinya
2.      Diskusikan kelemahan yang dimilikinya
3.      Beritahu klien bahwa tidak ada manusi yang sempurna, semua memiliki kelebihan dan kekurangan
4.      Beritahu klien bahwa kekurangan bisa dimiliki dengan kelebihan yang dimiliki
5.      Anjurkan klien untuk lebih meningkatkan kelebihan yang dimiliki
6.      Beritahu klien bahwa ada hikmah dibalik kekurangan yang dimiliki
Rasional
1.      Mengidentifikasi hal-hal positif yang masih dimiliki klien
2.      Mengingatkan klien bahwa klien manusia biasa yang mempunyai kekurangan
3.      Menghadirkan realita pada klien
4.      Memberikan garapan pada klien
5.      Memberikan kesempatan berhasil lebih tinggi
6.      Agar klien tidak merasa putus asa
Evaluasi
1.      Klien dapat menyebutkan kemampuan yang ada pada diri setelah 1 x pertemuan
2.      Klien dapat menyebutkan kelemahan yang dimiliki dan tidak menjadi halangan dalam mencapai keberhasilan
TUK 2
Klien dapat menyelidiki dirinya
Intervensi :
1.      Diskusikan denga klien ideal dirinya apa harapan selama di RS
2.      Bantu klien mengembangkan antara keinginan dan kemampuan yang dimilikinya
3.      Beri kesempatan klien untuk berhasil
4.      Beri Reinforcement positif terhadap keberhasilan yang telah dicapai
Rasional
1.      Untuk mengetahui sampai dimana reaalistis dan harapan klien
2.      Membantu klien membentuk harapan yang realistis
3.      Meningkatkan percaya diri klien
4.      Memberi penghargaan terhadap perilaku yang positif
Evaluasi
Klien dapat menyebutkan cita-cita dan harapan yang sesuai dengan kemampuan setelah 1 x pertemuan
TUK 3
Klien dapat mengevaluasi diri
Intervensi
1.      Bantu klien mengidentifikasikan kegiatan atau keinginan yang bakl dicapainya
2.      Kaji bagaimana perasaan klien dengan keberhasilan tersebut
3.      Bicarakan kegagalan yang pernah dialami klien dan seba-sebab kegagalan.
4.      Kaji bagaimana respon klien terhadap kegagalan tersebut dan cara mengatasinya
5.      Jelaskan pada klien bahwa kegagalan yang dialami dapat menjadi pelajaran untuk mengatasi kesulitan yang mungkin terjadi di masa yang akan datang.
Rasional
1.      Mengingatkan klien bahwa ia tidak selalu gagal
2.      Memberikan kesempatan klien untuk menilai dirinya sendiri
3.      Mengetahui apakah kegagalan tersebut mempengaruhi klien
4.      Mengetahui kuping yang selama ini digunakan oleh klien
5.      Memnerikan kekuatan pada klien bahwa kegagalan itu bukan merupakan akhir dari suatu usaha


Evaluasi
1.        Klien dapat mmenyebutkan keberhasilan yang pernah dialami setelah 1 x pertemuan
2.        Klien dapat menyebutkan kegagalan yang pernah dialami setelah 4 x pertemuan
TUK 4
Klien dapat membuat rencana realistis
Intervensi
1.       Bantu klien merumuskan tujuan yang ingin dicapai
2.       Diskusikan denngan klien tujuan yang ingin dicapai dengan kemampuan klien
3.       Bantu klien memilih perioritas tujuan yang mungkin dapat dicapainya
4.       Beri kesempatan klien untuk melakukan kegiatan yang telah dipilih
5.       Tunjukkan keterampuilan atau keberhasilan yang telah dicapai klien
6.       Ikut sertakan klien dalam kegiatan aktivitas kelompok
7.       Beri reinforcment positif bila klien mau mengikuti kegiatan kelompok
Rasional
1.     Agar klien tetap realistis dengan kemampuan yang dimilikinya
2.     Mempertahankan klien untuk tetap realistis
3.     Agar prioritas yang dipilih sesuai dengan kemampuan
4.     Menghargai keputusan yang telah di pilih klien
5.     Memberikan penghargaan atas keberhasilan yang telah dicapai
6.     Ikut sertakan klien dalam kegiatan aktivitas kelompok
7.     Meningkatkan harga diri klien.
Evaluasi
1        Klien dapat menyebutkan tujuan yang ingin dicapai setelah 1 x pertemuan
2        Klien dapat membuat keputusan dan mencapai tujuan setelah 1 x pertemuan
TUK 5
Klien dapat dukungan keluarga yang meningkatkan hanya dirinya
Intervensi
1.      Diskusikan dengan keluarga tanda-tanda harga diri rendah
2.      Tunjukkan setiap anggota keluarga untuk mengenal dan menghargai kemampuan tiap anggota keluarga
3.      Diskusikan dengan keluarga cara merespon terhadap klien dengan harga diri rendah seperti menghargai klien tidak mengejek, tidak menjauhi
4.      Tunjukkan pada keluarga untun memberikan kesempatan berhasil pada klien
5.      Tunjukkan kepada keluarga untuk menerima klien apa adanya
6.      Anjurkan keluarga untuk melibatkan klien dalam setiap pertemuan keluarga
Rasional
1.      Mengantisipasi masalah yang timbul
2.      Menyiapkan suport sistem yang akurat
3.      Meningkatkan kemampuan keluarga dalam merawat klien dengan harga diri rendah seperti menghargai klien, tidak mengejek, tidak menjauhi
4.      Memberikan kesempatan pada klien untuk sukses
5.      Membantu meningkatkan harga diri klien
6.      Meningkatkan interaksi klien dengan anggota kelurga

Evaluasi
1.      Keluarga dapat menyebutkan tanda-tanda harga diri rendah
Ú  mengatakan diri tidak berharga tidak berguna dan tidak
pesimis
Ú  Kerusakan Interaksi Sosial dan realita
2.      Keluarga dapat merespon dan memperlakukan klien dengan harga diri rendah secara tepat setelah 2 x pertemuan
Diagnosa keperawatan 4
Sindrom defisit perawatan diri berhubungan dengan intrenon aktivitas
TUM   : Klien dapat mmelakukan perawatan diri
TUK 1 : Klien mengetahui keuntungan melakukan perawatan diri
Intervensi
1.      Diskusikan tentang keuntungan melakukan perawatan diri
2.      Dorong klien untuk menyebutkan kembali keuntungan dalam melakukan perawatan diri
3.      Beri pujian terhadap kemampuan klien dalam menyebutkan keuntungan melakukan perawatan diri
Rasional
1.      Untuk meningkatkan pengetahuan klien tentang perlunya perawatan diri
2.      Untuk mengetahui tingkat pemahaman klien tentang informasi yang telah diberikan
3.      Reinforcement positif dapat menyenangkan hati klien

Evaluasi
Klien dapat menyebutkan keuntungan dari melakukan perawatan diri seperti :
            - memelihara kesehatan
- memberi rasa nyaman
TUK 2
Klien mengetahui kerugian jika tidak melakukan perawatan diri
Intervensi
1.      Diskusikan tentang kerugian tidak melakuakn perawatan diri
2.      Beri pujian terhadap kemampuan klien dalam menyebutkan kerugian tidak melakukan perawatan diri
Rasional
1.      Untuk meningkatkan minat klien dalam melakukan perawatan diri
2.      Reinforcement positif untuk menyenangkan hati klien
Evaluasi
Klien dapat menyebutkan kerugian dari tidak melakukan perawatan diri seperti :
Terkena penyakit , Sulit mendapat teman
TUK 3 : Klien berminat melakukan perawatan diri
Intervensi
1.      Dorong dan membantu klien dalam melakukan perawatan diri
2.      Beri pujian atas keberhasilan klien melakukan perawatan diri
Rasional
1.      Untuk meningkatkan minat klien dalam melakukan perawatan diri
2.      Reinforcement positif dapat menyenangkan hati klien dan meningkatkan minat klien untuk melakukan perawatan diri
Evaluasi
Klien melakukan perawatan diri seperti : jelaskan
Diagnosa keperawatan 5
Ketegangan peran memberi perawatan untuk berhubungan dengan ketidak mampuan keluarga merawat klien di Rumah
TUM:
Para pemberi perawatan akan mendemonstrasikan keterampilan memecahkan masalah yang efektif dan membentuk mekanisme koping yang adaptif
TUK : Pemberian perawatan akan mendemonstrasikan pemahaman tentang cara-cara untuk memudahkan peran memberi perawatan
Intervensi
1.      Kaji kemampuan pemberi perawatan sadar terhadap sistem pelayanan dimana mereka mencari bantuan.
2.      Pastikan bahwa pemberi perawatan sadr terhadap sistem pelayanan kesehatan dimana mereka dapat mencari bantuan
3.      Anjurkan pada para pemberi perawatan untuk mengekpresikan perasaanya terutama rasa marah
4.      Dorongan untuk berpartisipasi pada kelompok-kelompok pendukung yang berisi anggota-anggota dengan situasi-situasi kehidupan yang sama
 
Rasional
1.      Para pemberi perawatan dapat tidak menyadari terhadap apa yang secara realistis dapat dicapai oleh klien mereka dapar tidak menyadari terhadap kemajuan alami dari penyakitnya
2.      Para pemberi perawatan memerlukan keinginan dari tekanan dan ketegangan setelah memberikan perawatan 24 jam kepada mereka dapat mencari bantuan
3.      Pelepasan dari emosi-emosi ini dapat membantu mencegah fsikopatologi seperti depresi, atau timbulnya kelainan fsikopatologis
4.      Mendengarkan orang lain mengalami masalah-masalah yang sama mendiskusikan cara-cara yang telah mereka hadapi dapat membantu pemberi perawatan untuk mengadopsi strategi-strategi yang lebih adaptif
Evaluasi
Para pemberi perawatan dapat mendemontrasikan keterampilan memecahkan masalah yang efektif dan membentuk mekanisme koping yang adaptif.
 
Daftar Pustaka
Keliat, Budi Anna,1998, Proses Keperawatan Kesehatan Jiwa,EGC,Jakarta.
Nasution,Mahnum Lailan,2003, Gangguan Alam Perasaan : Kerusakan Interaksi Sosial,PSIK Universitas Sumatera Utara (online):available: http;// www.usu.co.id.,medan.

Stuart dan Sundeen,1998,Buku Saku Keperawatan Jiwa,EGC,Jakarta.